MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIMELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF SIFAT PADAT (Penelitian Tindakan Kelas Di PAUD Cempaka Putih Kelompok B Desa Air Periukan Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma)

Main Authors: Ulandari, Vivi, Saparahayuningsih, Sri, Yulidesni, Yulidesni
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12104/1/SKRIPSI%20VIVI%20ULANDARI.pdf
http://repository.unib.ac.id/12104/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengklasifikasi anak usia dini melalui kegiatan bermain konstruktif sifat padat dan apakah melalui kegiatan bermain konstruktif sifat padat dapat meningkatkan kemampuan mengklasifikasi anak kelompok B PAUD Cempaka Putih Kabupaten Seluma. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengklasifikasi anak melalui kegiatan bermain konstruktif sifat padat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Dengan subjek penelitian yaitu seluruh anak kelompok B PAUD Cempaka Putih yang berjumlah 15 anak terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data penelitian tindakan kelas dilakukan melalui observasi dengan teknik analisis data menggunakan rata-rata untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengklasifikasi anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain konstruktif sifat padat. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I memperoleh hasil 3,06 dan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan kemampuan mengklasifikasi anak meningkat yaitu dengan memperoleh 3,98. Dari hasil ini direkomendasikan pada penelitian lebih lanjut, untuk tetap meningkatkan kemampuan mengklasifikasi anak melalui kegiatan bermain konstruktif sifat padat, tetapi menggunakan aspek yang berbeda.