PENERAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Di PAUD Kiddie land Kota Bengkulu)

Main Authors: Ariani, Shanty, M. Nasirun, M. Nasirun, Yulidesni, Yulidesni
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12102/1/SKRIPSI%20SHANTY%20ARIANI.pdf
http://repository.unib.ac.id/12102/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan toilet training oleh guru pada anak usia toddler serta hambatan apa saja yang di alami di PAUD Kiddie Land Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan toilet training oleh guru pada anak usia toddler, serta hambatan yang dialami. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu guru kelas, guru pendamping, dan anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisisi nteraktif dari Miles dan Hiberman. Hasil penelitian menunjukkan penerapan toilet training di PAUD Kiddie Land Kota Bengkulu masih kurang optimal. Diharapkan untuk mengoptimalkan penerapan toilet training oleh guru pada anak usia toddler dapat memberikan variasi dan reward dalam penerapan agar anak merasa nyaman, dan bangga saat anak berhasil melakukan toilet training dengan baik.