PENERAPAN METODE MENDONGENG UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MORAL (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelas B3 PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu)
Main Authors: | Carlesta, Nindi, Kurniah, Nina, Sumarsih, Sumarsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12098/1/SKRIPSI%20Nindi%20Carlesta.pdf http://repository.unib.ac.id/12098/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode mendongeng untuk meningkatkan pengetahuan moral anak dan apakah penerapan metode mendongeng dapat meningkatkan pengetahuan moral anak. Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan tahapan sebagai berikut perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian kelas B3 yang berjumlah 11 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan analisis data menggunakan rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian metode mendongeng dapat meningkatkan pengetahuan moral anak pada siklus I dengan hasil rata-rata mencapai 3,2 dan ketuntasan belajar mencapai 64% dan meningkat pada siklus II dengan hasil rata-rata 4,3 dan ketuntasan belajar mencapai 86%. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan metode mendongeng dalam meningkatkan pengetahuan moral dengan memberikan contoh langsung kepada anak dalam mengendalikan emosi dengan cara yang wajar.