ANALISIS TINGKAT KESEGARAN JASMANI DAN STATUS GIZI HUBUNGANNYA DENGAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi Kasus Pada Siswa MTs Tarbiyah Islamiyah Kerkap Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2016/2017)

Main Authors: ABRORI, RIFKI, Sugiyanto, Sugiyanto, Sugihartono, Tono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12088/1/PDF%20SKRIPSI%20RIFKI%20ABRORI%20NPM%20%20A1H013077.pdf
http://repository.unib.ac.id/12088/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Tingkat Kesegaran Jasmani, Status Gizi dan bagaimana hasil pembelajaran PJOK siswa, dan bagaimana hubungannya tingkat kesegaran jasmani dan status gizi dengan hasil pembelajaran PJOK Siswa MTs Tarbiyah Islamiyah Kerkap Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian yaitu Siswa MTs Tarbiyah Islamiyah Kerkap Bengkulu Utara. Jumlah sampel sebanyak 47 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan tes kesegaran jasmani Indonesia, pengukuran antropometri dan hasil pembelajaran dari nilai ulangan harian. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, korelasi product moment dan korelasi berganda . Hasil analisis menunjukkan bahwa, Tingkat kesegaran jasmani siswa tergolong sedang dengan persentase 53,19%, Status Gizi siswa tergolong normal dengan persentase 89,4%. Hasil pembelajaran PJOK Siswa tergolong sedang dengan persentase 93,61%. Adapun data hasil korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil pembelajaran PJOK pada taraf signifikan 5% rh 0,389 > rt 0,294 dan 1% rh 0,389 > rt 0,380. Ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan hasil pembelajaran PJOK pada taraf signifikan 5% rh 0,470 > rt 0,294 dan 1% rh 0,470 > rt 0,380. Ada hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dan status gizi dengan hasil pembelajaran PJOK pada taraf signifikan 5% rh 0,544 > rt 0,294 dan 1% rh 0,544 > rt 0,380. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa kategori sedang, status gizi siswa kategori normal dan hasil pembelajaran PJOK siswa kategori sedang sehingga perlu ditingkatkan. Dan hasil perhitungan korelasi menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil pembelajaran PJOK, ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan hasil pembelajaran PJOK dan ada hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dan status gizi dengan hasil pembelajaran PJOK.