PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI PAUD ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU

Main Authors: DESTRIANTI, DESTRIANTI, Izzudin, Izzudin, Jasma, Suardi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12025/1/destriani%20ok.pdf
http://repository.unib.ac.id/12025/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif Deskriptif untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran di PAUD Alam Mahira. Penelitian ini mempunyai 3 komponen yaitu perencanaan , pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di PAUD Alam Mahira Kota Bengkulu. Adapun subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan 2 orang guru PAUD Alam Mahira Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi subjek, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan 1) perencanaan pembelajaran dilakukan oleh guru dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu rencana kegiatan mingguan dan rencana kegiatan harian dengan berlandasan kurikulum 2013 2) Pelaksanaan proses pembelajaran terdapat empat tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti I, kegiatan inti II dan kegiatan akhir dengan menggunakan metode pembelajaran praktek langsung dan eksperimen. 3) evaluasi pembelajarannya menggunakan metode evaluasi Tanya jawab, alat evaluasi berupa soal test dan raport laporan perkembangan anak yaitu raport narasi dan raport DIKNAS. Kata Kunci : Pengelolaan , Pembelajaran, Pengelolaan Pembelajaran.