DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR KELAS VIII SMPN 1 TALANG EMPAT
Main Authors: | SARI, SUNDARI RATNA, Muchlis, Effie Efrida, Rahimah, Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12014/1/SKRIPSI%20SUNDARI%20RATNA%20SARI.pdf http://repository.unib.ac.id/12014/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMPN 1 Talang Empat semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan fakta (30,77%), kesalahan konsep (69,23%), kesalahan operasi(38,46%), kesalahan prinsip (80,77%) dan tidak ditemukan (11,54%). Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah: a) Siswa tidak teliti saat mengerjakan soal, b) Siswa lupa tentang unsur-unsur dalam bentuk aljabar, c) Siswa tidak paham konsep bilangan positif dan negatif, d) Siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal, e) Siswa tidak memahami maksud soal, f) Siswa lupa sifat distributif, g) Siswa lupa cara mengoperasikan bentuk aljabar, h) Siswa tidak paham aturan operasi suku sejenis dan tak sejenis.