UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU
Main Authors: | SITIO, NOVE HOTFRIENCE, M. Fachruddin S, M. Fachruddin S, Muchlis, Effie Efrida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12010/1/Skripsi%20PDF.pdf http://repository.unib.ac.id/12010/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pembelajaran Team Assisted Individualization sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Tahap-tahap yang dilaksanakan dalam PTK adalah : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP N 7 kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran menggunakan Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dilakukan dengan pemberian tugas secara individu dan kelompok dengan perbaikan LKS dan pembagian kelompok heterogen yang tepat. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata lembar observasi dari siklus 1 hingga siklus 3 yaitu 20,75; 28,125; dan 32,625. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa siklus 1 hingga siklus 3 yaitu, 54,64; 70,29; dan 78,36 dengan ketuntasan belajar klasikal 25%, 60,71%, dan 82,14%.