ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VI SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU
Main Authors: | VATURAHMAN, MUHAMAD YASIR, Rahimah, Dewi, Maulidiya, Della |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12007/1/Skripsi_Muhamad%20Yasir%20vaturahman_A1C012009.pdf http://repository.unib.ac.id/12007/ |
Daftar Isi:
- Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Uraian pada Materi Pecahan di Kelas VI SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama: Dewi Rahimah, S.Pd., M.Ed. dan Pembimbing Pendamping: Della Maulidiya, S.Si., M.Kom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas VI SD Negeri 68 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan siswa melakukan kesalahan pada kompetensi dasar: (1) Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya sebanyak 18 siswa, (2) Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan sebanyak 23 siswa, dan (3) Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan sebanyak 18 siswa. Faktor penyebab kesalahan siswa adalah karena siswa: tidak bisa melakukan pembagian yang hasilnya berupa bilangan desimal, tidak paham cara mengubah pecahan biasa ke pecahan desimal, tidak tahu tentang persen, tidak tahu cara mengubah pecahan biasa ke persen, lupa cara menentukan penyebut, tidak tahu cara mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa, lupa cara mengubah persen ke pecahan biasa, lupa cara menyamakan penyebut, tidak tahu cara menyamakan penyebut, lupa cara mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, tidak tahu cara mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, tidak tahu cara menjumlahkan pecahan, tidak tahu cara mengurangkan pecahan, belum paham mengurangkan bilangan yang hasilnya bilangan negatif, tidak tahu nilai tempat dibelakang koma, tidak tahu cara perkalian bersusun pada bilangan desimal, tidak tahu cara mengalikan pecahan, tidak tahu cara membagi pecahan, tidak tahu cara mengubah pecahan desimal yang hasilnya pecahan campuran, tidak tahu cara menyederhanakan pecahan, lupa menyederhanakan, tidak teliti dalam mencari FPB ketika menyederhanakan, tidak teliti, terburu-buru dalam menyelesaikan soal.