DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMPN 1 TALANG EMPAT DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Main Authors: LESTANIKA, LEDI, Susanta, Agus, Maizora, Syafdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12004/1/LEDI%20LESTANIKA.pdf
http://repository.unib.ac.id/12004/
Daftar Isi:
  • (2016).Diagnosis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 1 Talang Empat Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Drs.Agus Susanta, M.Ed, Ph.D dan Pembimbing Pendamping Syafdi Maizora, S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis jenis-jenis kesalahan yang dibuat siswa, dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif (Descriptive Research). Subjek dalam peneltian ini adalah siswa kelas VII ASMPN 1 Talang Empat semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Intrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi, dan kesalahan prinsip. (1) Kesalahan fakta (58,33%), (2) Kesalahan konsep (95,83%).(3) Kesalahan operasi (75 %). (4) Kesalahan prinsip (83,3%). (5) Kesalahan Tidak teridentifikasi (8,33%). Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah : a) siswa salah dalam menuliskan kembali soal, b) siswa salah dalam memahami soal, c) siswa salah dalam perhitungan bilangan bulat, d) siswa salah dalam menggunakan sifat-sifat perpangkatan, e) siswa salah dalam aturan pengerjaan hitung campuran, f) siswa kurang teliti. Faktor yang banyak terjadi pada siswa adalah kurang teliti.