PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW DENGAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 KOTA BENGKULU

Main Authors: AGUITA, IKA RIZKI MALIA, M.Fachruddin S, M.Fachruddin S,, Rahimah, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/12001/1/SKRIPSI_IKA%20RIZKI%20MALIA%20AGUITA_A1C012062.pdf
http://repository.unib.ac.id/12001/
Daftar Isi:
  • Penerapan Strategi Pembelajaran Quick on the Draw dengan Problem Posing tipe Post Solution Posing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Kota Bengkulu. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu Pembimbing utama, Drs. M Fachruddin S, M.Pd. dan pembimbing pendamping Dewi Rahimah, S.Pd.,M.Ed Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan strategi pembelajaran Quick on the Draw dengan Problem posing, sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data melalui observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMPN 4 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi pemebelajaran Quick on the Draw dengan problem Posing, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara, guru menentukan siswa pertama, siswa kedua, dan siswa ketiga untuk berdiskusi, menuliskan langkah-langkah petunjuk aturan diskusi, memberikan nilai tambahan individu kepada siswa yang maju dan memberikan tanggapan, dan memberikan penegasan kepada siswa yang tidak serius belajar dan berdiskusi. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata lembar observasi dari siklus I hingga siklus III yaitu : 17,00; 22,15; 27,9. Hasil belajar siswa ditungkatkan dengan cara, mengingatkan siswa agar terlebih dahulu membuat hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal, mengingatkan kembali siswa pada materi-materi yang telah dipelajari, memberi sebuah soal dan menunjuk salah satu siswa yang belum tuntas pada tes siklus sebelumnya untuk mengerjakan soal tersebut ke depan kelas, merubah set kartu soal menjadi minimal satu kartu soal yang tidak terdapat penyelesaian dari contoh soal yang diberikan, dan memberikan tanggung jawab kepada setiap kelompok untuk menuliskan nama siswa yang menulis hasil diskusi kelompoknya pada setiap kartu soal. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 69,81; 73,84; 78,19 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 60,60%; 72,73%; 87,87%. Kata kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Matemaika, Strategi Quick on the Draw,Problem Posing