ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DI KELAS IV SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU
Main Authors: | HEROESBEN, HEROESBEN, Maizora, Syafdi, Susanta, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/11999/1/SKRIPSI%20HEROESBEN_A1C012064.pdf http://repository.unib.ac.id/11999/ |
Daftar Isi:
- Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Kelas IV SD Negeri 69 Kota Bengkul. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu Pembimbing Utama : Syafdi Maizora, S.Si, M.Pd dan Pembimbing Pendamping : Drs. Agus Susanta M.Ed, Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas IV SD Negeri 69 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan : (1)Sebanyak 25% siswa melakukan kesalahan dalam mencari kelipatan suatu bilangan, (2) sebanyak 84,3% siswa melakukan kesalahan dalam mencari faktor suatu bilangan, (3) sebanyak 87,5% siswa melakukan kesalahan dalam menentukan kelipatan persekutuan dua bilangan, (4) sebanyak 96,8% siswa melakukan kesalahan dalam menentukan faktor persekutuan dua bilangan, (5) sebanyak 60,2% siswa melakukan kesalahan dalam menentukan KPK dua bilangan,(6) Sebanyak 43,75% siswa melakukan kesalahan dalam menentukan FPB dua bilangan,(7) sebanyak 25% siswa melakukan kesalahan dalam menentukan KPK dua bilangan dengan faktor prima, (8) sebanyak 21,8% siswa melakukan kesalahan dalam menentukan FPB dua bilangan dengan faktor prima. Faktor penyebab terjadinya kesalahan karena siswa: tidak mengetahui konsep kelipatan bilangan, kesalahan dalam menjumlahkan bilangan, konsep faktor diartikan sebagai kelipatan, kesalahan dalam melakukan perkalian, tidak teliti dalam memahami soal, nilai dalam menentukan kelipatan dua bilangan terlalu besar, kesulitan mengambil kesimpulan dalam menentukan bilangan yang merupakan kelipatan persekutuan, kesulitan mengambil kesimpulan dalam menentukan bilangan yang merupakan faktor persekutuan, tidak mengetahui bilangan prima serta tidak dapat membagi bilangan dengan faktor prima. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, KPK dan FPB, Matematika SD xvii+166 hal; 41 gbr; 19 tbl; 14 lampiran; pustaka acuan :25 (1994-2016)