ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII DI MTs NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Main Authors: KURNIATI, HENI, Susanta, Agus, Muchlis,, Effie Efrida
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11997/1/A1C012038_HENI%20KURNIATI_SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/11997/
Daftar Isi:
  • Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII di Mts Negeri 2 Kota Bengkulu. Skripsi S- 1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama, Drs. Agus Susanta, M.Ed., Ph.D dan Pembimbing Pendamping Effie Efrida Muchlis, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita tentang segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII F MTsN 2 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenisjenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah (1) Comprehension errors sebesar (30,72%.), (2) Transformation errors sebesar (22,04%), (3) Process skill errors sebesar (4.84%), (4) Endcoding errors sebesar (33,87%), (5) Kesalahan lainnya sebesar (7,53%). Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah : a) Siswa tidak teliti dalam membaca soal dan menulis informasi pada soal, Kurang memahami untuk mengubah kalimat menjadi model matematika untuk penyelesaian soal. b) Siswa tidak hapal rumus keliling dan luas, tidak tahu rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal c) Siswa tidak teliti ketika menghitung, siswa tidak mengecek kembali jawaban yang telah dikerjakan, d) Siswa tidak memahami satuan luas, keliling, dan biaya; Siswa tidak tahu harus membuat kesimpulan, e) Siswa kurang latihan untuk menyelesaikan soal-soal cerita pada materi segiempat dan segitiga;Kehabisan waktu dalam mengerjakan soal. Solusi yang disarankan peneliti antara lain sebagai berikut:(i) Menyarankan siswa lebih cermat dalam membaca soal dan menuliskan informasi yang diperlukan; Menyarankan siswa untuk mempelajari materi lain yang berhubungan dengan soal sebelum mengerjakan soal-soal cerita segiempat dan segitiga, (ii) meminta siswa untuk menghapal rumus-rumus, membiasakan latihan soal-soal cerita, (iii) Mengingatkan siswa untuk teliti dan memahami operasi hitung bilangan maupun aljabar (iv) mengecek kembali jawaban dan satuan (v) Memberitahu siswa untuk meminta bimbingan guru matematika dalam menyelesaikan soal-soal cerita pada materi segiempat dan segitiga kemudian melakukan latihan soal sendiri di rumah.