ANALISIS STRUKTUR, PERILAKU DAN KINERJA (SCP) INDUSTRI MAKANAN RINGAN DI INDONESIA

Main Authors: Pertiwi, Ellyn, Armelly, Armelly
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11983/1/apo%20skripsi%20tu.pdf
http://repository.unib.ac.id/11983/
Daftar Isi:
  • Industri makanan adalah salah satu sektor usaha yang terus mengalami pertumbuhan Perusahaan yang bergerak pada industri makanan di Indonesia semakin berkembang pesat. Hal ini dapat dilihat dari munculnya perusahaan makanan dengan berbagai jenis dan merek, Penduduk Indonesia yang mencapai lebih 210 juta jiwa merupakan pasar yang sangat potensial bagi industri makanan. Untuk melihat bagaimana industri makanan ringan di Indonesia melalui pendekatan SCP dalam ekonomi industri. Adapun tujuan dalam penelitan ini adalah untuk mengetahui Struktur, Perilaku, dan Kinerja Industri Makanan Ringan di Indonesia. Model analisis yang digunakan adalah CR , Pangsa Pasar, IHH (Indeks Herfindhal-Hirschman) dan ROA (Return On Asset). Dari hasil analisis data dari tahun 2010-2014 didapatkan bahwa industri makanan ringan mempunyai struktur pasar perusahaan dominan dengan competitive fringe atau monopoli efektif (near monopoly). Perilaku perusahaan makanan ringan di Indonesia berfokus pada strategi produk yaitu diferensiasi produk, strategi harga produk 4 perusahaan makanan ringan yang sudah Go Publik di Indonesia cenderung menetapkan harga yang setara atau sama dengan perusahaan makanan ringan yang sudah Go Publik di Indonesia yang ketiga strategi promosi dan iklan dari ke 4 perusahaan makanan ringan yang sudah Go Publik di Indonesia strategi promosi yang lebih dominan adalah strategi promosi melalui iklan televisi. Sedangkan kinerja industri makanan ringan berdasarkan analisis ROA menunjukkan bahwa profitabilitas industri makanan ringan setiap tahun mengalami peningkatan. Kata kunci : Struktur, Perilaku dan Kinerja 4