A STUDY OF TEACHERS’ QUESTIONS USED BY ENGLISH TEACHERS AT SMPN 2 KOTA BENGKULU

Main Authors: Nurdiyanti, Novica, Elfrida, Elfrida, Gita, Mutiara Hati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11975/1/SKRIPSI%20%28Novica%20Nurdiyanti%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/11975/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis pertanyaan guru bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris. Penelitian ini fokus pada jenis pertanyaan yang paling banyak digunakan guru SMPN 2 Kota Bengkulu dan alasan guru dalam menggunakan jenis pertanyaan tersebut. Instrumen penelitian ini adalah checklist dan wawancara. Pengamatan dilakukan dalam tiga pertemuan untuk setiap guru bahasa Inggris untuk melihat pertanyaan yang digunakan guru di dalam kelas. Checklist digunakan untuk mengklasifikasikan jenis pertanyaan guru berdasarkan Taksonomi Bloom. Peneliti melakukan wawancara kepada setiap guru bahasa Inggris untuk mengetahui alasan guru dalam menggunakan pertanyaan kepada siswanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis pertanyaan yang dominan digunakan oleh guru bahasa Inggris adalah pertanyaan knowledge. Guru cenderung menggunakan pertanyaan knowledge dan comprehension karena tujuan guru bertanya adalah untuk mengingat dan mengulas materi yang sudah dipelajari dan memeriksa pemahaman siswa. Selain itu, siswanya adalah siswa Sekolah Menengah Pertama sebagai pemula dalam belajar bahasa inggris sehingga guru cenderung menggunakan pertanyaan tingkat rendah. Kata Kunci: Mengajar Bahasa Inggris, Pertanyaan Guru