STUDENTS FEATURES PROBLEMS IN PRONUNCIATION (A Study at English Department Bengkulu University in Aca demic Year 2016/2017 )

Main Authors: CHAHYANDARIE, NIKE, Arasuli, Arasuli, Syahrial, Syahrial
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11972/1/THESIS%20NIKE%20C.pdf
http://repository.unib.ac.id/11972/
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilakukanuntukmengetahuiaspek masalah dalam pengucapan berbahasa Inggris oleh siswa diJurusanBahasaInggrisUniversitas Bengkulu padatahunakademik 2016 2017.Aspekpengucapanpada segmental (vocal dankonsonan) dan supra-segmental (stress/penekanan).Sampelpadapenelitianiniadalah 33 siswa program studibahasaInggris di Universitas Bengkulu darikelasAdan B padasiswa semester 6. Penelitianinidirancangsebagaipenelitiandeskriptifkuantitatifdenganmengambil kata-kata sebagaitespengucapandaribuku Better English Pronunciation yang diusulkandaribuku O’Connor (1967).Pengumpulan data dilakukandenganmenguji mahasiswa dengan tes pengucapan.Dalam hal temuan, penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Bengkulu tahun akademik 2016 -2017 memiliki masalah padaaspek segmental (vocal dankonsonan) dan supra-segmental (stress/penekanan). Untuk masalah yang dominan terjadi yaitu pada vowel dan stress. Ada 17 vokaldari 20 vokalmenjadimasalahbagisiswadalampengucapan, persentase paling besardarikesalahanadalah 80%.Padakonsonanhanyaada 12 konsonandari 24 konsonan yang menjadimasalahbagisiswadalampengucapan, persentaseterbesardarikesalahanadalah 46%. Pada stress/penekananada 19 penekanandari 20 penekanan yang menjadimasalahbagisiswa di dalampengucapan, persentaseterbesardarikesalahanadalah 88%. Kata kunci: Mahasiswa, Aspek Masalah, Pengucapan