ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA RESTORAN BERNUANSA ORIENTAL DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Winarsih, Yayuk, Anggarawati, Sularsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/11964/1/Skripsi%20Yayuk%20Winarsih.pdf http://repository.unib.ac.id/11964/ |
Daftar Isi:
- Industri kuliner merupakan bisnis yang tidak pernah mati sebab makan dan minum merupakan kebutuhan primer masyarakat, sehingga apabila makan dan minum masih menjadi kebutuhan yang di utamakan maka industri kuliner akan terus tumbuh dan berkembang. Perkembangan industri kuliner saat ini semakin pesat, karena potensi untuk berkembangnya bisnis kuliner ini cukup besar,salah satunya karena mobilitas masyarakat yang semakin meningkat sehingga mereka tidak memiliki banyak waktu untuk memasak makanan atau minuman sendiri. Istilah wisata kuliner sempat mengalahkan pamor wisata belanja dan wisata jalan- jalan Di kota Bengkulu selain restoran Sumpit Mas restoran-restoran lain seperti Dermaga one, dan Sopu juga menerapkan konsep experiential marketing. Restoran sumpit mas sangat ramai pengunjung dan mampu mendatangkan pelanggan dari kalangan menengah hingga atas, restoran ini memiliki menu masakan yang berasal dari beberapa Negara di Asia yaitu Cina, Jepang, Thailand, dan Indonesia. Berdasarkan pemaparan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada restoran bernuansa oriental di Kota Bengkulu dengan menggunakan metode sense, feel, think,act dan relate Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan metode penelitian survey yang dilakukan langsung. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang terbentuk menggunakan analisis faktor, dan untuk mengetahui pengaruh dari dimensi experiential marketing yaitu sense,feel,think,act,relate terhadap customer loyalty mengunakan analisis linear berganda. Untuk mencapai tujuan dan membuktikan hipotesis, penulis melakukan penelitian pada pelanggan sumpit mas, jumlah sampel yang diambil 150 responden Agar dapat menentukan valid tidaknya suatu pernyataan kuesioner yang merupakan indikator penelitian , nilai corrected item total correlation harus lebih besar dari nilai r tabel. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 150 responden sehingga nilai dari r tabel dalam penelitian ini yaitu 0.1593, dari tabel 4.6 dapat kita lihat koefisien korelasi seluruh item berada >0.1593 sehingga dapat disimpulkan seluruh pernyataan kuesioner dinyatakan valid. Nilai koefisien korelasi tertinggi berada pada nilai 0,921 yaitu pencahayaan ruangan. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan dan secara parsial bahwa konsep experiential marketing melalui 5 dimensi yaitu sense. Feel, think, act dan relate yang diterapkan restoran Sumpit Mas kota Bengkulu memiliki pengaruh yang positif dan siginfikan terhadap loyalitas konsumen. hal ini berarti apabila kelima dimensi tersebut ditingkatkan, maka loyalitas konsumen Sumpit Mas juga akan meningkat. Rumah Makan oriental yaitu sumpit mas hendaknya meningkatkan experiential marketing, tetapi perhatian utama adalah indikator act (kebiasaan) karena indikator ini untuk mempengaruhi perilaku, gaya hidup dan interaksi dengan konsumen jadi karyawan sumpit mas harus memperlakukan pelanggan dengan baik dan dan melihat dari gaya hidup yang dilakukan pelanggan, jadi karyawan perlu menyesuaikan dan Pada dimensi perasaan disarankan perlu mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi karyawan sehingga dapat meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan yaitu dalam keramahan dan ketepatan penyajian. Untuk mempercepat dalam penyajian menu dapat dilakukan dengan menambah jumlah karyawan untuk dapur dan pramusaji, dengan penyajian yang lebih cepat akan membuat perasaan pelanggan meningkat. Selain itu pada dimensi pertalian disarankan untuk berkomunikasi lebih sering kepada pelanggan melalui obrolan ringan, cara ini bertujuan untuk mengenal lebih jauh pelanggan dan begitupun sebaliknya, saling mengenal lebih jauh akan memupuk kepercayaan (trust) yang lebih tinggi, memberikan potongan harga ataupun makan gratis kepada pelanggan yang berulang tahun, dengan adanya cara tersebut pihak Sumpit Mas dapat secara aktif meningkatkan pertalian dengan pelanggan.