ENGLISH STUDENTS’ PERCEPTION OF GROUP WORK ACTIVITIES IN LEARNING PROCESS (A Descriptive Study on Undergraduate Students of English Study Program, Bengkulu University in the Academic Year 2016/2017)

Main Authors: FAUZIAH, ANA, Afriazi, Rudi, Mukhrizal, Mukhrizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11943/1/SKRIPSI%20ANA%20FAUZIAH%20A1B013011.pdf
http://repository.unib.ac.id/11943/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: persepsi, aktivitas belajar kelompok, proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Bahasa Inggris terhadap aktivitas belajar dalam kelompok, manfaat dan permasalahan yang dirasakan oleh mahasiswa berkaitan dengan aktivitas tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 314 mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Bengkulu tahun akademik 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah 62 mahasiswa yang merupakan 20% dari total populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan wawancara. Kuisioner yang digunakan terdiri dari dua jenis pertanyaan, pertanyaan closeended dan pertanyaan open-ended. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa pada aktivitas pembelajaran secara berkelompok adalah positif dengan nilai rata-rata 2.74 dalam skala 4.00. Mahasiswa juga merasakan beberapa manfaat dalam aktivitas ini, yaitu bertukar pendapat, lebih mudah memahami materi, meningkatkan kemampuan sosial dan berbicara dan juga memperkaya pengetahuan. Akan tetapi, mahasiswa juga menjumpai beberapa permasalahan dalam aktivitas ini diantaranya: penilaian yang tidak adil, kurangnya kerja sama antar mahasiswa, dan juga beban kerja yang tidak seimbang. Karena persepsi mahasiswa terhadap aktivitas pembelajaran dalam kelompok adalah positif, maka metode pengajaran ini dianjurkan untuk diimplementasikan lebih sering dalam proses belajar-mengajar.