PROBLEMATIK MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Authors: Suci, Yayang, Suhartono, Suhartono, Ariesta, Ria
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11939/1/Skripsi.pdf
http://repository.unib.ac.id/11939/
Daftar Isi:
  • Suci, Yayang. 2017. Problematik Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing I: Dr. Suhartono, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Ria Ariesta, M.Pd. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan problematik siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu dalam menulis cerita pendek. Metode penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik nonprobabilitas. Sampel berjumlah 123 siswa dari empat kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yaitu statistik deskriptif sederhana dengan cara menghitung frekuensi dan persentase yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua siswa mengalami problematik menulis cerita pendek. Problematik utama yang dialami siswa yaitu problematik menyajikan konflik yang membuat pembaca penasaran dipilih oleh 116 siswa atau 94%. Problematik kedua yaitu sulit membuat alur dan menentukan watak tokoh dipilih oleh 74 siswa atau 60%. Problematik ketiga yaitu sulit membuat ending yang merangsang pembaca untuk mendapatkan pesan inti cerita dipilih oleh 72 siswa atau 59%. Kata kunci: problematik, menulis, cerita pendek.