PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TPS) DENGAN TIPE (NHT) PADA POKOK BAHASAN SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 3 BENGKULU TENGAH

Main Authors: SETIAWAN, ANDRI, Muchlis, Effie Efrida, M. Fachruddin, M. Fachruddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11937/1/SKRIPSI%20ANDRI%20SETIAWAN_A1C011004.pdf
http://repository.unib.ac.id/11937/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) dengan model pembelajaran Kooperatf Tipe Numbered Heads Together(NHT) dalam pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 3 Bengkulu Tengah tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah pada masing masing kelas 19 orang. Jenis Penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan membandingkan kedua kelas VIII A dan VIII B menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe (TPS dan NHT). Dalam pengambilan sampel diambil dari hasil belajar siswa sebelumnya, setelah itu diberikan perlakuan dengan model pembelajaran tersebut lalu diambil hasil akhir dengan menggunakan soal Posttestyang telah diuji cobakan pada kelas lainnya. Dari hasil pengujianhipotesisyang menggunakanuji-t karena data berdistribusi normal danvarianshomogen, ditarik kesimpulan bahwapada penelitian ini tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tipe Numbered Heads Togetherpada pokok bahasan SPLDV.