HUBUNGAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 5 KOTA BENGKULU

Main Authors: Oktariani, Novia, Hamzah, Syukri, Purwadi, Agus Joko
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11929/1/SKRIPSI%20NOVIA%20OKTARIANI.pdf
http://repository.unib.ac.id/11929/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara siswa dala pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Mendeskripsikan seberapa besar sumbangan kemampuan menyimak terhadap kemampuan berbicara. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho : Tidak ada hubungan antara keteramilan menyimak dan berbicara dan Ha : ada hubungan antaraketerampilan menyimak dan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan criteria pengujian Ho ditolak dan Ha diterima, jika t hitung lebih besar dari t table dan taraf signifikan 5% (0,05). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII siswa SMPN 5. Sampel berjumlah 55 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes menyimak berita dan berbicara dengan berbprotokoler. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi produck moment. Hasil perhitungan koefisien korelasi antara kemampuan menyimak berita dan kemampuan berbicara diperoleh nilai r hitung = 0,799 > r hitung (0,265), berarti ada hubungan antara keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VIII SMPN 5 Kota Bengkulu. Hasil dari nilai koefisien determinasi pada perhitungan di atas dapat diketahui bahwa besarnya sumbangan keterampilan menyimak dalam mempengaruhi keterampilan berbicara adalah sebesar 63,84%, sedangkan sisanya sebesar 36,15%, dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut dilakukan penelitian. Kata Kunci : Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara