PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS X SMA NEGERI 1 LEBONG SAKTI TAHUN AJARAN2016/2017

Main Authors: Saputri, Leni, Ariesta, Ria, Purwadi, Agus Joko
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11924/1/SKRIPSI%20LENI%20SAPUTRI.pdf
http://repository.unib.ac.id/11924/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sastra cerita rakyat (hikayat) dan cerita pendek di kelas X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas X dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Lebong Sakti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, model data (data display), dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Uji keabsahan menggunkan uji kredibilitas yang dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sastra di kelas X SMA Negeri 1 Lebong Sakti belum terlaksana secara maksimal, hal ini terjadi baik pada perencanaan (yaitu saat guru menyusun RPP) maupun pada pelaksanaan di kelas. Pada perencanaan kegiatan-kegiatan yang direncanakan pada langkah mengamati, menanya, dan mencoba/mengumpulkan informasi masih kurang rinci, sedangkan pada langkah menalar dan mengomunikasikan kegiatan yang direncanakan pada dua langkah ini hampir sama. Pada pelaksanaan di kelas, terdapat beberapa kesulitan atau kendala yaitu langkahmengamati yang disebabkan karena media dan sumber belajar yang kurang maksimal, langkah menanya yang disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki oleh siswa, selanjutnya langkah mengumpulkan informasi yang disebabkan karena tidak adanya arahan guru pada siswa untuk mealakukan langkah mencoba/mengumpulkan informasi, dan langkah menalar yang disebabkan kurangnya antusias siswa dalam mengajukan pendapat, serta langkah mengomunikasikan yang disebabkan karena keterbatasan waktu dalam satu kali pertemuan. Kata kunci: penerapan, pendekatan saintifik, pembelajaran sastra, siswa kelas X.