STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DESTINASI DAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA NEGERI 3 BENGKULU TENGAH

Main Authors: HARTANTO, DEBBI, Rohiat, Salastri, Elvinawati, Elvinawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11923/1/PDF%20Skripsi.pdf
http://repository.unib.ac.id/11923/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia antara kelas eksperimen I yang menerapkan media pembelajaran Kokami (Kotak dan Kartu Misterius) dengan model pemelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan kelas eksperimen II yang menerapkan media pembelajaran Kartu Destinasi dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) pada pokok bahasan sistem periodik unsur di kelas X SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari selisih nilai pretest dan postest. Pada kelas eksperimen I, nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 55,18 . Sedangkan pada kelas eksperimen II, nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 46,29. Melalui serangkaian uji statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t (α = 0,01) diperoleh thitung= 2.651 dan ttabel (0,99)(52) = 2,4002 berarti thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang menerapkan media pembelajaran (Kotak dan Kartu Misterius) dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) lebih baik dari pada hasil belajar kimia siswa yang menerapkan media pembelajaran Kartu Destinasi dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament).