ANALISIS BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA PRODUK EIGER DI KOTA BENGKULU (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU)

Main Authors: Hamidi, Fauzan, Darmansyah, Darmansyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11916/1/Skripsi%20FAUZAN%20HAMIDI.pdf
http://repository.unib.ac.id/11916/
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Eiger merupakan sebuah label yang memproduksi berbagai macam peralatan yang biasa digunakan khusus untuk kegiatan pecinta alam (outdoor). Salah satu perusahaan yang memproduksi peralatan outdoor terbesar di Indonesia dan telah memiliki pangsa pasar yang luas yaitu, menguasai 80% pasar lokal adalah PT Eigerindo Multi Produk Industri atau yang dikenal sebagai Eiger. Eiger merupakan sebuah label yang memproduksi berbagai macam peralatan yang biasa digunakan khusus untuk kegiatan pecinta alam (outdoor). Namun, tidak dipungkiri bahwa banyak orang yang memakai produk ini untuk digunakan setiap hari. Eiger sendiri memproduksi tas, sandal, jaket,dll. Munculnya berbagai macam produk dalam satu kategori dengan kualitas produk yang sudah menjadi standar dan dapat dengan mudah ditiru dan dimiliki oleh siapapun, megakibatkan sulitnya suatu perusahaan untuk mempertahankan dirinya sebagai pemimpin pasar. Untuk mengatasi penetrasi yang dilakukan oleh kompetitor, maka perusahaan akan tetap menjaga pangsa pasarnya, salah satunya dengan membentuk citra merek yang kuat oleh perusahaan. Tanpa citra merek yang kuat dan positif, sangatlah sulit bagi perusahaan untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada Merek dapat menjadi senjata bagi retailer dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif. Kepercayaan konsumen terhadap merek dipahami sebagai kepuasan pelanggan yang mengakibatkan pelanggan semakin yakin kepada suatu merek sehingga pelanggan akan cenderung memilih merek tersebut dan tidak beralih kepada merek lain. Loyalitas pelanggan terhadap merek merupakan konsep yang sangat penting khususnya pada kondisi tingkat persaingan yang sangat ketat dengan pertumbuhan yang rendah. Pada kondisi demikian loyalitas pada merek sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat bertahan hidup. Disamping itu, upaya mempertahankan loyalitas merek ini merupakan upaya strategis yang lebih efektif dibandingkan dengan upaya menarik pelanggan baru bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara variabel brand image terhadap brand loyalty, dan pengaruh variabel brand trust terhadap brand loyalty. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuisioner kepada responden Mahasiswa Universitas Bengkulu yang menggunakan produk merek Eiger sebanyak 100 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Metode Analisis menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan SPSS 16. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari beberapa dimensi. Adapun dimensi dari brand image meliputi strengthness, uniqueness, dan favorable. Variabel dari brand trust dalam penelitian ini terdiri dari dimensi fiability dan intentionality. Terakhir variabel brand loyalty dalam penelitian ini menggunakan dimensi cognitive loyalty, affective loyalty dan conatiive loyalty atau behavioral intent. Hasil penelitian yang telah dicapai dalam penelitian ini telah membuktikan bahwa hipotesis yang peneliti susun membuktikan bahwa brand image berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty, dan variabel brand trust berpengaruh signifikan terhadap variabel brand loyalty. Kata Kunci :, Brand Image, Brand Trust dan Brand Loyalty.