PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU
Main Authors: | SETIAWAN, YANDI, Elita, Yessy, Sinthia, Rita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/11905/1/SKRIPSI%20YANDI%20SETIAWAN%20%28A1L012060%29.pdf http://repository.unib.ac.id/11905/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik permainan dalam meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa kelas XI IPS1 di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan one group pre-test post-test desain. Sampel penelitian ini sebanyak 10 orang siswa dari kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala komunikasi antar pribadi siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan terhadap peningkatan komunikasi antar pribadi siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan tingkat keterampilan komunikasi antar pribadi siswa (t = -10,766, maka p <0,05), sehingga ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik permainan berpengaruh terhadap peningkatan komunikasi antar pribadi siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu.