HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PONDOK KELAPA
Main Authors: | RIZQIANA, MUHAMAD IRSYAD, Wasidi, , Sulian, Illawaty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/11889/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/11889/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VIII di SMP N 1 Pondok Kelapa. Sampel penelitian berjumlah 140 siswa dari seluruh kelas VIII. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prokrastinasi akademik dengan rxy sebesar-0,617, dengan taraf signifikan sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini berarti semakin tinggi kemandirian belajar maka semakin rendah prokrastinasi akademik, dan sebaliknya