PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

Main Authors: PRASTIAN, HERU, Wasidi, , afriyati, Vira
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11877/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/11877/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar mata pelajaran Biologi sebelum diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik Mind Mapping, mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran Biologi setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik Mind mapping, dan mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik Mind Mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran Biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 35 siswa dari kelas VIII Edi SMP 13 kota Bengkulu dan sampel 26 siswa yang memiliki hasil belajar kategori rendah dan sedang pada saat pre-test dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan soal mata pelajaran Biologi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah ada pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 kota Bengkulu. Terdapat pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik Mind Mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran Biologi.