KORELASI ANTARA MASALAH BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Main Authors: JANNAH, DITA NUR, Hadiwinarto, , Sholihah, Afifatus
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11868/1/DIta%20Nur%20Jannah.pdf
http://repository.unib.ac.id/11868/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi antara masalah belajar dengan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 135 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data korelasi Pearson product moment. Dari hasil angket masalah belajar yang sudah disebarkan kepada responden diperoleh 22 siswa kriteria tinggi dikategorikan memiliki masalah belajar yang tinggi dengan rentang skor antara 184-250, 98 siswa kriteria sedang dikategorikan memiliki masalah belajar yang sedang dengan rentang skor antara 118-183, dan 15 siswa kriteria rendah dikategorikan memiliki masalah belajar yang rendah dengan rentang skor antara 50-117, sedangkan hasil angket kemandirian belajar yang sudah disebarkan kepada responden diperoleh 84 siswa kriteria tinggi yang dikategorikan memiliki kemandirian belajar yang tinggi dengan rentang skor 177-240, 51 siswa kriteria sedang yang dikategorikan memiliki kemandirian belajar yang sedang dengan rentang skor 113-176, dan 0 siswa kriteria rendah yang dikategorikan memiliki kemandirian belajar yang rendah dengan rentang skor 48-112. Berdasarkan hasil analisis data adalah terdapat korelasi yang kuat sekali antara kedua variabel masalah belajar dan kemandirian belajar dengan nilai rxy = -0,390 dengan signifikansi 0,000.