HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA 3 SELUMA (STUDI KORELASI PADA SISWA DI SMA NEGERI 3 SELUMA)

Main Authors: Afdi, Deco Hastomi, Pudji, Hartuti, Rita, Sinthia
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11861/1/Skripsi%20Deco%20Hastomi%20Afdi.pdf
http://repository.unib.ac.id/11861/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penalaran moral dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Seluma. Sampel penelitian berjumlah 53 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari seluruh kelas XI IPS. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner penalaran moral dan kuesioner perilaku bullying. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara penalaran moral dengan perilaku bullying dengan rxy sebesar -0,617, dengan taraf signifikan sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara penalaran moral dengan perilaku bullying, artinya semakin tinggi penalaran moral semakin rendah perilaku bullying, dan sebaliknya.