PENGEMBANGAN KURIKULUM PNF BERBASIS KEBUTUHAN MASYARAKAT UNTUK PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN LULUSAN
Main Author: | Parlan, Parlan |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/11761/1/15.%20Parlan%20PENGEMBANGAN%20KURIKULUM%20PNF%20BERBASIS%20KEBUTUHAN%20MASYARAKAT%20UNTUK%20PEMBENTUKAN%20KEMANDIRIAN%20LULUSAN.pdf http://repository.unib.ac.id/11761/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan masa depan menuntut lembaga-lembaga pendidikan membuat rancangan program atau kurikulum yang dapat mengantisipasi kebutuahn masyarakat terutama jenis-jenis pekerjaan yang relevan dengan lulusan prodi/jurusan PNF. Pengembangan kurikulum yang inovatif dan kreatif dapat menjawab tantangan kondisi masyarakat saat sekarang dan yang akan datang. Kurikulum yang memberikan makna bagi mahasiswa dengan mengkombinasikan antara teori dan praktek secara seimbang untuk membentuk pribadi mahasiswa yang mandiri. Tantangan global perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi perlu diantisipasi melalui peningkatan kualitas lulusan, manajemen kelembagaan, dan peningkatan kompetensi dosen baik kualitas maupun kualifikasinya melalui berbagai pendekatan. Perancangan mata kuliah dengan cara mensinkronkan antara teori dan praktek yang menekankan pemberian pengalaman kepada mahasiswa dalam praktek kehidupan dalam masyarakat sangat diperlukan. Salah satu pendekatan partisipasif dalam perkuliahan dengan memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk merancang,melaksanakan dan mengevaluai hasil implementasi dapat membentuk pribadi yang mandiri untuk menjawab tantangan global dari berbagai demensi kehidupan. Revitatalisasi laboratorium PNF yang perlu penanganan sungguh-sungguh sebagai wadah mahasiswa untuk berkreasi dalam mengaktualisasi diri sehingga menjadi pribadi yang kuat, mandiri, bermanfaat bagi dirinya maupuan masyarakat luas. Kata Kunci : Kurikulum, Kebutuhan, Kemandirian.