PENGEMBANGAN PENDIDIKAN PARTISIPATIF SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Main Author: Himawati, Ika Pasca
Format: Proceeding PeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/11747/1/Makalah%20di%20UNSRI.pdf
http://repository.unib.ac.id/11747/
Daftar Isi:
  • Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan bagian dari perubahan sosial yang akan segera dihadapi oleh bangsa Indonesia. Dalam skala global, MEA akan menitikberatkan pada upaya pengembangan sektor strategis seperti pembangunan ekonomi, penerapan teknologi informasi dan penciptaan sosial budaya yang kondusif dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu, pendidikan menjadi lokus utama yang dinilai berkontribusi dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas. Sehingga, nantinya mampu secara cerdas mengisi peluang serta siap menghadapi tantangan MEA. Oleh sebab itu, pembelajaran partisipatif yang bertumpu pada keterlibatan individu dalam seluruh rangkaian pembelajaran menjadi penting untuk dikembangkan. Guru sebagai tenaga pendidik menjalankan fungsi sebagai fasilitator sekaligus patner secara bersamaan. Keran dalam berekspresi dibuka secara luas dan integratif bagi setiap individu untuk mendapatkan pengetahuan serta mengembangkan kualitas diri. Dalam proses pengembangan pembelajaran partisipatif, pengalaman dan penalaran berpikir menjadi basis dalam mengasah kepekaan sosial yang ditujukan untuk merespon perubahan sosial. Dengan demikian, individu nantinya mampu melihat dan memahami realitas sosial secara utuh serta diharapkan mampu membaca peluang di era MEA. Melalui pengembangan pembelajaran pendidikan partisipatif, peserta didik didorong untuk dapat menjadi pribadi yang kritis, kreatif serta inovatif. Dengan begitu dapat meningkatkan sumber daya manusia yang responsif dan adaptif terhadap perubahan sosial di Indonesia.