PENERAPAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 4 BATIKNAU BENGKULU UTARA
Main Author: | Herman, Herman |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/11506/1/IMG_20161109_0001_NEW.pdf http://repository.unib.ac.id/11506/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk rneningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan lingkungan sekolah di kelas III SDN 4 Batiknau Bengkulu Utara, Subjek penelitian adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan 9 siswa terdiri 6 laki laki dan 3 perempuan, intrumen penelitian adalah data tes dan observasi, metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes dan dokumentasi, teknik analisa data dari analisis data observasi dan data tes, dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Tematik dengan menggunakan Iingkungan sekolah dapat meningkatkan aktivitas proses belajar siswa di kelas III SD Negeri 4 Batiknau Bengkulu Utara. Hal ini terlihat dari peningkatan perolehan rata-rata skor hasil pada siklus I yaitu 28,5 dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 37,75 dengan kategori baik pada siklus IL Penerapan Pembelajaran Tematik dengan menggunakan lingkungan sekolah dapat meningkatkan aktivitas proses belajar guru di kelas III SD Negeri 4 Batiknau Bengkulu Utara. Hal ini terlihat dari peningkatan perolehan rata-rata skor hasil pada siklus I yaitu 29,5 dengan kategori cukup dan meningkat lagi menjadi 36,75 dengan kategori baik pada siklus II.Sementara hasil belajar dengan juga meningkat Hal ini dapat dilihat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dan persentase ketuntasan kompetensi dasar mata pelajaran. Nilai rata-rata kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia mencapai 8,1 nilai rata-rata kompetensi dasar mata pelajaran IPS mencapai 7,7 nilat rata-rata kompetensi dasar mata pelajaran IPA mencapai 7,9 dan nilai rata-rata kompetensi dasar mata pelajaran Matematika mencapai 7,7. Selain itu, terjadi pula peningkatan pada persentase ketuntasan belajar klasikal. Persentase ketuntasan kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia mencapai 85,3Yo, kompetensi dasar mata pelajaran IPS persentase ketuntasan kompetensi dasar mata pelajaran IPA mencapai 88,2yo, persentase ketuntasan kompetenasi dasar mata pelajaran Matematika mencapai mencapai 82,4" , 88,20A.