PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 DI MAN 1 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Rejeki, Vivin Sri, Nyoman, Rohadi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Universitas Bengkulu
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/11501/1/02.%20Nyoman%20Rohadi.pdf http://repository.unib.ac.id/11501/ |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini telah dilakukan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar dan hasil belajar siswa pada konsep fluida statis. Model cooperative learning tipe quiz team digunakan dalam 3 siklus dan siswa yang dilibatkan adalah siswa kelas XI IPA.1 yang berjumlah 23 orang. Pada setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I dalam kategori cukup, pada siklus II dalam kategori baik, dan siklus III dalam kategori baik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 76,09% dan ketuntasan belajar sebesar 60,86% (belum tuntas); pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 78,38% dan ketuntasan belajar sebesar 78,2% (sudah tuntas), dan pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 82,96% dan ketuntasan belajar sebesar 91,3% (sudah tuntas).