UJI KEPRAKTISAN MODEL PEMBELAJARAN KALKULUS II BERDASARKAN TEORI APOS (MPK-APOS)
Main Author: | Hanifah, Hanifah |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/11149/1/Prosiding%20FMIPA%20UNP%202014.pdf http://repository.unib.ac.id/11149/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus II Berdasarkan Teori APOS dikembangkan dengan menggunakan rancangan Plomp (2013) yang terdiri atas tiga tahap, yaitu: 1) preliminary research, 2) prototyping phase, dan 3) assessment phase. Konstruksi model menggunakan komponen model oleh Joyce dan Weil (1992). Dari hasil pengembangan diperoleh MPK-APOS yang terdiri dari lima komponen yaitu: Sintak, Prinsip Reaksi, Sistem Sosial, Sistem Pendukung, Dampak Instruksional dan Dampak Pengiring. Sintak MPK-APOS terdiri dari fase: Orientasi, Praktikum, Diskusi Kelompok, Diskusi Kelas, dan Latihan. Salah satu sistem pendukung MPK-APOS adalah Lembar Kerja (LK) Berbasis MPK-APOS. Untuk mengetahui kepraktisan MPK-APOS, setelah MPK-APOS dinyatakan valid oleh para ahli, dilakukan uji coba lapangan di Kelas A dan Kelas B Jurusan Matematika FMIPA UNIB. Untuk mengetahui kepraktisan MPK-APOS, maka data dikumpulkan melalui angket berikut: kelayakan penerapan MPK-APOS oleh ahli, Observasi keterlaksanaan MPK-APOS oleh pengamat, kepraktisan Lembar Kerja (LK) oleh dosen, dan kepraktisan LK oleh mahasiswa. Angket diolah menggunakan skala Likert. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai kepraktisan sebagai berikut: nilai Kelayakan Penerapan MPK-APOS = 91,94 % kategori sangat praktis, nilai Keterlaksanaan MPKAPOS = 92,63 % kategori sangat praktis, nilai LK oleh dosen = 76,49 % kategori praktis, nilai LK oleh mahasiswa = 76,63 %. Rerata nilai kepraktisan MPK-APOS = 84.42 % kategori sangat praktis.