ctrlnum 10981
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/10981/</relation><title>TINDAK TUTUR GURU DI KELAS V SD NEGERI 02 AIR BESI BENGKULU UTARA </title><creator>Rijayawati, Rijayawati</creator><creator>Supadi, Supadi</creator><creator>Bambang , Djunaidi</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur yang digunakan guru pada proses belajar mengajar. Pendekatan penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Air Besi Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan rekaman video. Langkah-langkah analisis data sebagai berikut: 1) transkripsi data, 2) pengkodean data, 3) pengidentifikasian data, 4) pengklasifikasian data, 5) interpretasi data, 6) penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada belajar mengajar, guru menggunakan lima tindak tutur, yaitu tindak tutur representatif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi. Tindak tutur yang sering digunakan adalah tindak tutur representatif dan direktif. Tindak tutur representatif (menyatakan), (melaporkan), (menunjukkan), (menyebutkan) termasuk fungsi pemerian dan fungsi fatis. Tindak tutur direktif (menyuruh), (memohon), (menantang), termasuk fungsi regulasi atau fungsi direktif dan fungsi konatif. Tindak tutur ekspresif (memuji), (mengkritik), termasuk fungsi personal dan personal dan komisif (berjanji) termasuk fungsi instrumental, tindak tutur deklarasi (memutuskan) termasuk fungsi interaksi. Simpulan penelitian ini ialah bentuk tindak tutur yang digunakan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Air Besi Bengkulu Utara dalam proses belajar mengajar adalah representatif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi. fungsi bahasa yang terdapat pada lima tindak tutur yagn digunakan guru ialah fungsi pemerian, fatis, regulasi, direktif, konatif, personal, instrumental dan interaksi. </description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/10981/1/I%2CII%2CIII%2CIII-14-rij.FK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unib.ac.id/10981/2/IV%2CV%2CLAMP%2CIII-14-rij.FK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/10981/3/IV%2CV%2CLAMP%2CIII-14-rij.FK.pdf</identifier><identifier> Rijayawati, Rijayawati and Supadi, Supadi and Bambang , Djunaidi (2014) TINDAK TUTUR GURU DI KELAS V SD NEGERI 02 AIR BESI BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>10981</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rijayawati, Rijayawati
Supadi, Supadi
Bambang , Djunaidi
title TINDAK TUTUR GURU DI KELAS V SD NEGERI 02 AIR BESI BENGKULU UTARA
publishDate 2014
topic L Education (General)
url http://repository.unib.ac.id/10981/1/I%2CII%2CIII%2CIII-14-rij.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/10981/2/IV%2CV%2CLAMP%2CIII-14-rij.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/10981/3/IV%2CV%2CLAMP%2CIII-14-rij.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/10981/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur yang digunakan guru pada proses belajar mengajar. Pendekatan penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Air Besi Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan rekaman video. Langkah-langkah analisis data sebagai berikut: 1) transkripsi data, 2) pengkodean data, 3) pengidentifikasian data, 4) pengklasifikasian data, 5) interpretasi data, 6) penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada belajar mengajar, guru menggunakan lima tindak tutur, yaitu tindak tutur representatif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi. Tindak tutur yang sering digunakan adalah tindak tutur representatif dan direktif. Tindak tutur representatif (menyatakan), (melaporkan), (menunjukkan), (menyebutkan) termasuk fungsi pemerian dan fungsi fatis. Tindak tutur direktif (menyuruh), (memohon), (menantang), termasuk fungsi regulasi atau fungsi direktif dan fungsi konatif. Tindak tutur ekspresif (memuji), (mengkritik), termasuk fungsi personal dan personal dan komisif (berjanji) termasuk fungsi instrumental, tindak tutur deklarasi (memutuskan) termasuk fungsi interaksi. Simpulan penelitian ini ialah bentuk tindak tutur yang digunakan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Air Besi Bengkulu Utara dalam proses belajar mengajar adalah representatif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi. fungsi bahasa yang terdapat pada lima tindak tutur yagn digunakan guru ialah fungsi pemerian, fatis, regulasi, direktif, konatif, personal, instrumental dan interaksi.
id IOS6175.10981
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:07:15Z
last_indexed 2018-09-17T09:07:15Z
recordtype dc
_version_ 1683771133565861888
score 17.538404