PENINGKATAN KEMAMPUAN EFEKTIF MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM READING SUPER GAYA ACCELERATED LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Authors: | Andriani, Leni, Agus , Trianto, M. Arifin, M. Arifin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/10966/1/I%2CII%2CIII%2CIII-14-len.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/10966/2/IV%2CV%2CLAMP%2CIII-14-len.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/10966/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan efektif membaca dengan menggunakan metode quantum reading super gaya accelerated learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode quantum reading super gaya accelerated learning yaitu dengan melaksanakan pengukuran KEM (Kemampaun Efektif Membaca). Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan, siswa yang mencapai ketuntasan KEM sebanyak 15 siswa, dan yang belum mencapai ketuntasan KEM sebanyak 15 siswa. Hasil pengukuran KEM siswa pada siklus I mencapai rata-rata secara klasikal 288 kpm dengan ketuntasan secara klasikal 50%. Pada siklus II dengan melakukan pemberlakua33n berbeda sebagai refleksi dari siklus I, menunjukkan sebanyak 24 siswa dari 30 siswa yang mencapai ketuntasan KEM, dan menghasilkan ketuntasan KEM mencapai rata-rata secara klasikal 306 kpm dengan ketuntasan secara klasikal sebanyak 80%. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode quantum reading super gaya accelerated learning pada siswa kelas XI SMA N 6 Kota Bengkulu telah mengalami peningkatan.