ANALISA PENGARUH PENGGANTIAN PISTON BERKEPALA DATAR DENGAN PISTON BERKEPALA CEKUNG TERHADAP PERFORMA MOTOR BAKAR ( STUDI KASUS MESIN SEPEDA MOTOR SUPRA FIT TAHUN 2004)

Main Authors: Prima, Nata , Agus , Nuramal, Afdhal, Mainil Kurniawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/10910/1/I%2CII%2CIII%2C-1-15%2C%20nat-FT.pdf
http://repository.unib.ac.id/10910/2/IV%2CV%2CLamp%2C%201-15-%20nat-FT.pdf
http://repository.unib.ac.id/10910/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menganalisa Penggantian Piston Berkepala Datar Dengan Piston Berkepala Cekung Terhadap Performa Motor Bakar pada sepeda motor Honda Supra Fit Tahun 100 cc Tahun 2004. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui pengaruh masing-masing kepala piston terhadap peforma. Hasil penelitian pada piston berkepala datar, untuk nilai torsi yang tertinggi dihasilkan pada putaran mesin 7.102 rpm yaitu 2,77 N.m, sedangkan untuk nilai torsi terendah pada putaran mesin 8.697 rpm yaitu 1,76 N.m. Dan pada piston berkepala cekung, nilai torsi yang tertinggi dihasilkan pada putaran mesin 7.293 rpm yaitu 2,87 N.m dan untuk nilai torsi terendah pada putaran mesin 8.716 rpm yaitu 2,16 N.m. Daya tertinggi yang dihasilkan pada piston berkepala datar yaitu 7.102 rpm yaitu 2,76 hp dan untuk nilai daya terendah terletak pada putaran mesin 8.697 rpm yaitu 2,15 hp, serta pada piston berkepala cekung daya tertinggi pada putaran mesin 7.293 rpm yaitu 2,93 hp dan daya terendah pada putaran mesin 8.716 rpm yaitu 2,65 hp. Nilai torsi dan daya yang dihasilkan cenderung lebih tinggi dengan menggunakan piston berkepala cekung. Komsumsi bahan bakar spesifik (SFC) yang dihasilkan pada piston berkepala datar cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan piston berkepala cekung. Pada piston berkepala datar, nilai SFC terendah pada putaran mesin 8.269 rpm yaitu 0,40 kg/hp.h, dan nilai SFC terendah pada piston berkepala cekung yaitu pada putaran mesin 7.293 rpm yaitu 0.36 kg/hp.h.