Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Medan Magnet untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa

Main Author: Sutarno, Sutarno
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Universitas Bengkulu , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1088/1/5-Exacta%20Juni%202011.pdf
http://repository.unib.ac.id/1088/
Daftar Isi:
  • Penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design ini bertujuan mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia interaktif untuk meningkatkan keterampilan generik sains mahasiswa calon guru fisika. Indikator keterampilan generik sains yang digunakan adalah: (1) pemodelan matematika, (2) berpikir dalam kerangka taat azas, dan (3) hukum sebab akibat. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika Universitas Bengkulu yang mengambil matakuliah Fisika Dasar 2 TA 2010/2011. Pemilihan sampel didasarkan pada pertimbangan kemudahan saja (convenient sampling). Instrumen utama yang digunakan adalah lembar tes keterampilan generik sains yang telah memenuhi syarat valid dan reliabel . Hasil analisis data menunjukkan rerata N-gain peningkatan keterampilan generik sains kelas eksperimen 0,72 dan kelas kontrol 0,53. Uji hipotesis menggunakan uji beda rerata dua sampel independen menunjukkan bahwa keterampilan generik sains mahasiswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan multimedia interaktif secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.