PERANCANGAN SISTEM KENDALI KECEPATAN MOTOR UNIVERSAL MENGGUNAKAN PENGENDALI PID

Main Authors: Mulyawan, Yos Haris , Reza , Satria Rinald, M. Khairul , Amri Rosa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/10873/1/I%2CII%2CIII%2C-1-15%2C%20yos-FT.pdf
http://repository.unib.ac.id/10873/2/IV%2CV%2CLamp%2C%201-15-yos%20-FT.pdf
http://repository.unib.ac.id/10873/
Daftar Isi:
  • Motor universal merupakan motor 1 fasa, yang dalam penggunaannya bisa menggunakan arus AC atau DC dengan besar tegangan yang sama. Pada penelitian ini motor universal dikontrol dengan teknik pengendalian kecepatan motor arus DC, yaitu dengan mengatur lebar pulsa %duty cycle PWM. Pengendali yang digunakan untuk memperbaiki kinerja sistem putaran adalah pengendali Proportional Integral Derivative (PID). Rangkaian terdiri dari mikrokontroler ATMega16, sensor rpm, penyearah dan driver motor. Respon sistem dan error steady state merupakan parameter yang diukur untuk menilai kinerja suatu sistem kendali. Mentoda yang digunakan untuk memperkirakan nilai parameter PID Kp,Ki,Kd) adalah metoda tunning Ziegler-Nichols metoda kurva reaksi, yang didasarkan terhadap reaksi sistem loop terbuka. Dengan menggunakan metoda tuning pada pengujian tanpa beban diperoleh nilai konstanta Kp,Ki,Kd masingmasing Kp=4,2, Ki=1.05,Kd=4,2, dengan rata-rata error 0,4%, saat diberikan beban, diperoleh nilai konstanta Kp,Ki,Kd masing-masing Kp=4,96, Ki=1.65,Kd=3,59, dengan rata-rata error 0,34%