KAJIAN TERHADAP EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI USAHA PEMBERDAYAAN SD NEGERI DI DAERAH TERPENCIL DAN PEDALAMAN DALAM RANGKA PENUNTASAN WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR 9 TAHUN DI PROVINSI BENGKULU

Main Author: Yusup, Syahril
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB , 2003
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1084/1/pgsd.pdf
http://repository.unib.ac.id/1084/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini ialah untuk memberikan efektifitas dan efisiensi pemberdayaan sekolah dasar terpencil yang telah dilakukan selama ini oleh instansi terkait dalam rangka penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif analisis. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada tahun anggaran 1997/1998 ini menunjukkan bahwa pemerintah telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberdayakan SD terpencil namun upaya dimaksud belum sepenuhnya efektif dan efisien. Peneliti menyarankan perlunya ada peninjauan ulang terhadap upaya pemberdayaan sekolah dasar terpencil agar menjadi lebih efektif dan efisien.