PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL BENGKULU STUDI PADA KELAS X SMAN 01 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sahrizal, Sahrizal, Wahyu , Widada, I , Wayan Dharmayana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/10829/1/IV%2CV%2CVI%2CLAMP%2CIII-14-sah-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/10829/2/I%2CII%2CIII%2CIII-14-sah-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/10829/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh sebuah model pembelajaran matematika yang berbasis budaya lokal Bengkulu yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X IPA 4 SMAN 1 Kota Bengkulu. Dari penelitian dihasilkan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya lokal Bengkulu yang valid, praktis, dan efektif. Komponen model pembelajaran matematika Berbasis Budaya lokal Bengkulu adalah (1) Sintaks pembelajaran meliputi: a. Tahap invitasi, b. Tahap eksplorasi, c. Tahap penjelasan dan solusi, d. Tahap pengambilan tindakan, (2) Sistem sosial, (3) Prinsip reaksi, (4) Sistem pendukung (5) Dampak instruksional dan pengiring. Ketuntasan belajar klasikal siswa adalah 83,03 % atau 28 dari 33 siswa yang tuntas belajar. Selanjutnya hasil analisis observasi karakter siswa menunjukkan peningkatan dari interval kriteria belum telihat menjadi mulai berkembang.