PENGARUH KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, KEMAMPUAN PEMAHAMAN LOGIKA MATEMATIKA, DAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN TEOREMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (STUDI KAUSALITAS DI SMA SE-KOTA LUBUKLINGGAU)

Main Authors: Zulkarnain, Zulkarnain, Wahyu , Widada, Badeni, Badeni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/10826/1/I%2CII%2CIII%2CIII-14-zul-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/10826/1/IV%2CV%2CVI%2CLAMP%2CIII-14-zul-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/10826/
Daftar Isi:
  • Pengaruh kemampuan berfikir kreatif, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan pemahaman logika matematika, dan kemampuan pembuktian teorema terhadap hasil belajar matematika. Tesis. Prodi: Pascasarjana (S2) Pendidikan Matematika FKIP UNIB, 2014. Pembimbing: Wahyu Widada, dan Badeni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara kemampuan berfikir kreatif, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan pemahaman logika matematika, kemampuan pembuktian teorema dan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas XI IPA SMA Kota Lubuklinggau. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional stratified random sampling. Instrumen dengan skala likert digunakan dalam pengambilan data. Data dianalisis dengan teknik analisis jalur. Dengan taraf signifikansi 5%, hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh langsung positif secara signifikan antara kemampuan berpikir kreatif ( = 0,185), kemampuan pemecahan masalah ( = 0,256), kemampuan pemahaman logika matematika ( = 0,411), kemampuan pembuktian teorema ( = 0,147) terhadap hasil belajar matematika; kemampuan berpikir kreatif ( = 0,233), kemampuan pemecahan masalah ( = 0,147), kemampuan pemahaman logika matematika ( = 0,618) terhadap kemampuan pembuktian teorema.