KUALITAS PELAYANAN PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BENGKULU

Main Authors: Anggarawati, Sularsih , Slamet , Widodo, Syaiful , Anwar, Effed , Darta Hadi
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Bengkulu , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/10810/1/Penelitian%20PDF.pdf
http://repository.unib.ac.id/10810/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen, khususnya berkaitan dengan evaluasi atribut-atribut yang dapat mempengaruhi keputusan studi MM Unib, mengetahui kinerja pelayanan dan tingkat kepuasan mahasiswa MM Unib. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu accidental sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan alat analisis content analysis dan statistik deskriptif. Hasil penelitian diketahui proses pengambilan keputusan mahasiswa berkaitan dengan atribut yang mempengaruhi keputusan. Kualitas layanan MM secara keseluruhan menurut mahasiswa adalah baik. Berdasarkan lima dimensi service quality, penilaian tertinggi adalah daya tanggap dan empati. Mengenai harga/biaya pendidikan, sebagian besar mahasiswa setuju bahwa biaya pendidikan MM Unib kompetitif dengan biaya pendidikan dari program MM perguruan tinggi lainnya. Begitu juga untuk tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan MM adalah puas. Upaya untuk mengembangkan kurikulum yang dilakukan secara berkala mesti disesuaikan dengan tuntutan pasar tenaga kerja. Standarisasi pelayanan dan evaluasi internal setiap semester perlu dilakukan untuk memperbaiki kinerja layanan. Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan input bagi program pascasarjana untuk meningkatkan kinerja layanan secara berkesinambungan