PENGEMBANGAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR, KREATIVITAS DAN KARAKTER SISWA SD

Main Authors: Karjiyati, V, Endang , Widi Winarni , Feri , Noperman
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/10729/1/Artikel%20Jurnal%20PGSD%202014b.pdf
http://repository.unib.ac.id/10729/
ctrlnum 10729
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/10729/</relation><title>PENGEMBANGAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR, KREATIVITAS DAN KARAKTER SISWA SD</title><creator>Karjiyati, V</creator><creator>Endang , Widi Winarni </creator><creator>Feri , Noperman</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah memberikan alternatif pelaksanaan pendidikan matematika yang bermakna, sedangkan target khusus yang ingin dicapai adalah memperoleh model Quantum Teaching dalam pembelajaran matematika menggunakan Realistic Mathematics Education (RME)untuk meningkatkan prestasi belajar, kreativitas, dan karakter siswa SD. Penelitian pengembangan dan penelitian ini dilaksanakan dalam jangka waktu dua tahun. Tahun pertama: (1)Mengidentifikasi dan mengembangkan konsep-konsep matematika dengan pendekatan RME; (2) Menyusun perangkat pembelajaran matematika model Quantum Teaching dengan pendekatan RME; (3) Melakukan validasi model oleh pakar, (4) Melakukan validasi empiris pada 6 kelas di 2 SD di Kota Bengkulu; (5) Revisi model pembelajaran dan instrumennya; dan (6) Seminar dan diseminasi melalui jurnal ilmiah. Berdasarkan simpulan diperoleh: (1) Kompetensi dasar matematika kelas IV, V,dan VI yang paling banyak dijadikan sebagai materi untuk pembelajaran model Quantum Teaching dengan RME, (2) Materi-materi pelajaran yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Quantum Teaching dengan RME adalah sebagai berikut: (a) Pecahan, (b) penaksiran, (c) FPB dan KPK, (d) operasi bilangan, (e) pengukuran sudut, waktu, suhu dan berat, (f) bangun datar, (g) bangun ruang, (h) Konsep keliling dan luas, (i) konsep volume, (j) statistika sederhana, dan (k) pemecahan masalah yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika, dan (3) pembelajaran matematika dengan model Quantum Teaching dengan RME berdasarkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa dapat meningkatkan pemahaman konsep, kreativitas dan pengembangan karakter siswa SD. Berdasarkan saran diperoleh: (1) dalam pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching dengan RME lebih baik menggunakan media pembelajaran yang bisa diotak-atik atau di bongkar pasang oleh siswa, (2) dalam pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching guru hendaknya mengalokasikan waktu lebih lama pada tahap alami, namai dan demostrasikan dan (3) Pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching dengan RME lebih baik jika menjalin kerja sama dengan Prodi PGSD untuk pemanfaatan laboratorium matematika sebagai sumber belajar.</description><publisher>Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB</publisher><date>2015</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/10729/1/Artikel%20Jurnal%20PGSD%202014b.pdf</identifier><identifier> Karjiyati, V and Endang , Widi Winarni and Feri , Noperman (2015) PENGEMBANGAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR, KREATIVITAS DAN KARAKTER SISWA SD. PGSD Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (2). pp. 228-234. ISSN 1411-6960 </identifier><recordID>10729</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Karjiyati, V
Endang , Widi Winarni
Feri , Noperman
title PENGEMBANGAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR, KREATIVITAS DAN KARAKTER SISWA SD
publisher Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB
publishDate 2015
topic L Education (General)
url http://repository.unib.ac.id/10729/1/Artikel%20Jurnal%20PGSD%202014b.pdf
http://repository.unib.ac.id/10729/
contents Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah memberikan alternatif pelaksanaan pendidikan matematika yang bermakna, sedangkan target khusus yang ingin dicapai adalah memperoleh model Quantum Teaching dalam pembelajaran matematika menggunakan Realistic Mathematics Education (RME)untuk meningkatkan prestasi belajar, kreativitas, dan karakter siswa SD. Penelitian pengembangan dan penelitian ini dilaksanakan dalam jangka waktu dua tahun. Tahun pertama: (1)Mengidentifikasi dan mengembangkan konsep-konsep matematika dengan pendekatan RME; (2) Menyusun perangkat pembelajaran matematika model Quantum Teaching dengan pendekatan RME; (3) Melakukan validasi model oleh pakar, (4) Melakukan validasi empiris pada 6 kelas di 2 SD di Kota Bengkulu; (5) Revisi model pembelajaran dan instrumennya; dan (6) Seminar dan diseminasi melalui jurnal ilmiah. Berdasarkan simpulan diperoleh: (1) Kompetensi dasar matematika kelas IV, V,dan VI yang paling banyak dijadikan sebagai materi untuk pembelajaran model Quantum Teaching dengan RME, (2) Materi-materi pelajaran yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Quantum Teaching dengan RME adalah sebagai berikut: (a) Pecahan, (b) penaksiran, (c) FPB dan KPK, (d) operasi bilangan, (e) pengukuran sudut, waktu, suhu dan berat, (f) bangun datar, (g) bangun ruang, (h) Konsep keliling dan luas, (i) konsep volume, (j) statistika sederhana, dan (k) pemecahan masalah yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika, dan (3) pembelajaran matematika dengan model Quantum Teaching dengan RME berdasarkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa dapat meningkatkan pemahaman konsep, kreativitas dan pengembangan karakter siswa SD. Berdasarkan saran diperoleh: (1) dalam pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching dengan RME lebih baik menggunakan media pembelajaran yang bisa diotak-atik atau di bongkar pasang oleh siswa, (2) dalam pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching guru hendaknya mengalokasikan waktu lebih lama pada tahap alami, namai dan demostrasikan dan (3) Pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching dengan RME lebih baik jika menjalin kerja sama dengan Prodi PGSD untuk pemanfaatan laboratorium matematika sebagai sumber belajar.
id IOS6175.10729
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:07:07Z
last_indexed 2018-09-17T09:07:07Z
recordtype dc
_version_ 1683771128936398848
score 17.538404