PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INFORMAN-INVESTIGATOR PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA 3 DI PGSD FKIP UNIB

Main Author: Noperman, Feri
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/10727/1/Artikel%20Jurnal%20PGSD%202014a.pdf
http://repository.unib.ac.id/10727/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah alternatif model pembelajaran yang disebut dengan model pembelajaran informan-investigatordalam rangka meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep, melatihkan keterampilan berkomunikasi dan berpikir tingkat tinggi, serta mengembangkan sikap ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode subjek tunggal. Sampel penelitian adalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Bengkulu semester III.Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan data tentang proses pembelajaran, aktivitas belajar, keterampilan berkomunikasi, dan perkembangan sikap. Dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Sedangkan tes dilakukan untuk mengumpulkan data tentang penguasaan konsep. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya enam tahappembelajaran informan-investigator. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model ini dapat (1) mengaktifkan dan melibatkan semua siswa dalam proses pembelajaran; (2) melatih dan mendorong mahasiswa menerapkan keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi; serta (3) membuat penguasaanmahasiswa terhadap materi pelajaran termasuk kategori tinggi.