MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI KEGIATAN MENARI KREASI DENGAN IRINGAN MUSIK TRADISIONAL DI KELOMPOK B1 TK KARTIKA II-21 CURUP

Main Authors: Sriyosi, Karneli, Wembrayarli, Wembrayarli, Azwandi, Azwandi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/10308/1/IV%2CV%2CLAMP%2CIII-14-sri.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/10308/1/I%2CII%2CIII%2CIII-14-sri.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/10308/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan menari kreasi dengan iringan music tradisional di taman kanak-kanak Kartika II-21 Curup. Penelitian ini mengunakan desain Penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, monitoring dan evaluasi dan refleksi terhadap tindakan. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B1 TK Kartika II-21 Curup berjumlah 18 anak. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan data yang baik. Hal ini didukung dengan diperolehnya data sebagai berikut:pada siklus I kemampuan keseimbangan gerak belum berkembang 39% mulai berkembang dan berkembang sesuai harapan masih 61% setelah dilaksanakan siklus ke II keseimbangan gerak anak naik menjadi 83%. Sedang untuk kelenturan gerak pada saat menari meningkat 89% dari siklus sebelumna ang hanya mencapai 55%. Hasil penelitian menunjukkan dalam kegiatan menari kreasi dengan iringan music tradisional dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di kelompok B1 TK Kartika II-21 Curup