PENERAPAN PERMAINAN KOTAK ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM MARDHOTILLAH 3 KOTA LUBUKLINGGAU)
Main Authors: | Surastina, Surastina, Rambat , Nur Sasongko, Agus , Joko Purwadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/10303/1/I%2CII%2CIII%2CIII-14-sur.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/10303/2/IV%2CV%2CLAMP%2CIII-14-sur.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/10303/ |
Daftar Isi:
- Massalah yang dianalisa dalam skripsi ini adalah apakah melalui penerapan permainan kotak angka dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak TK Islam Mardhotillah 3 Kota Lubuklinggau. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak kelompok B di TK Islam Mardhotillah 3 Kota Lubuklinggau. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mardhotillah 3 yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan Siklus III. Teknik analisis yang digunakan adalah dengaan menggunakan data statistik sederhana berupa persentase. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa pada siklus I kemampuan anak dalam mengenal angka sebesar 20%, kemudian pada siklus II meningkat 50%, dan pada siklusIII mengalami peningkatan kembali menjadi 85%, terjadi peningkatan belajar dan keberhasilan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan dengan menggunakan kotak angka dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B TK Islam Mardhotillah 3 Kota Lubuklinggau.