MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL DENGAN TEKNIK GARIS PUTUS-PUTUS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PAUD MULIA DESA ARINGIN KECAMATAN KARANG DAPO KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA)
Main Authors: | Mulia, Mulia, Rambat, Nur Sasongko, Agus , Joko Purwadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/10281/1/IV%2CV%2CLAMP%2CIII-14-mul.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/10281/2/I%2CII%2CIII%2CIII-14-mul.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/10281/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang dianalisa dalam skripsi ini adalah Apakah dengan menggunakan teknik garis putus-putus dapat meningkatkan kreativitas kecerdasan visual pada anak usia 3-5 tahun PAUD Mulia Desa Aringin, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Peningkatan kreativitas kecerdasan visual anak usia 3-5 tahun PAUD Mulia Desa Aringin, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara, dengan menggambar menggunakan teknik garis putus-putus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak PAUD Mulia yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Teknik analisis data menggunakan metode statistik sederhana berupa persentase. Setelah melakukan penelitian maka diperoleh persentase menggambar siklus I dan siklus II sebesar 22.22%, dan terjadi peningkatan siklus III sebesar 88.89% dengan kategori baik dan mewarnai siklus I dan siklus II sebesar 0% terjadi peningkatan pada siklus III sebesar 88.89% dengan kategori baik. Jadi kegiatan menggambar menggunakan garis putus-putus dapat meningkatkan kemampuan kecerdasan visual anak karena sudah mencapai standar indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80%.