PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD DHARMA WANITA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BENGKULU)
Main Authors: | Novianti, Fitri , I Wayan , Dharmayana, Wembrayarli, Wembrayarli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/10255/1/I%2CII%2CIII%2CIII-14-fit.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/10255/2/IV%2CV%2CLAMP%2CIII-14-fit.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/10255/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan sosial anak usia 5-6 Tahun melalui metode bermain peran di PAUD Dharma Wanita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, subjek penelitian ini berjumlah 10 orang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus ada 4 kali pertemuan, adapun tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi yang yang berisikan indikator tentang kecerdasan sosial anak. Dan hasil dari penelitian adalah pada siklus I ratarata yang selalu melakukan kecerdasaan sosial persentase 37,5 %., dan di siklus II yaitu meningkat yaitu yang selalu melakukan kecerdasan sosial rata-rata menjadi persentase 78,6 %. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan peningkatan kecerdasan sosial anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain peran. Disarankan dapat menggunakan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kecerdasan sosial anak