PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU B

Main Authors: Zukmadini , Alif Yanuar , Irdam , Idrus, Sri , Irawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1021/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-ali.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/1021/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-ali.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/1021/
ctrlnum 1021
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/1021/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU &#xD; B&#xD; &#xD; </title><creator> Zukmadini , Alif Yanuar </creator><creator>Irdam , Idrus</creator><creator>Sri , Irawati</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar biologi menggunakan model kooperatif tipe TSTS (two stay two stray). Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru biologi dan siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Instrument yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta lembar tes dan LKS untuk mengetahui hasil belajar. Data hasil observasi dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata dan menentukan kisaran tiap kriteria. Data hasil belajar dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I, diperoleh skor rata-rata 39 (baik) dan di siklus II menjadi 41 (baik). Untuk aktivitas siswa, skor rata-rata pada siklus I yaitu 37,5 (baik) dan di siklus II menjadi 41 (baik). Siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 77,7 dengan persentase ketuntasan 80,95 % (tuntas) dan siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 79,9 dengan persentase ketuntasan 85,71 % (tuntas). Disimpulkan aktivitas guru dan siswa berlangsung dengan baik serta hasil belajar biologi yang diperoleh telah mencapai ketuntasan belajar klasikal melalui penerapan model kooperatif tipe TSTS di kelas VIII B SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. </description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/1021/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-ali.fi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/1021/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-ali.fi.pdf</identifier><identifier> Zukmadini , Alif Yanuar and Irdam , Idrus and Sri , Irawati (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU B. Undergraduated thesis, FKIP Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>1021</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zukmadini , Alif Yanuar
Irdam , Idrus
Sri , Irawati
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU B
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://repository.unib.ac.id/1021/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-ali.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/1021/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-ali.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/1021/
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar biologi menggunakan model kooperatif tipe TSTS (two stay two stray). Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru biologi dan siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Instrument yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta lembar tes dan LKS untuk mengetahui hasil belajar. Data hasil observasi dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata dan menentukan kisaran tiap kriteria. Data hasil belajar dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I, diperoleh skor rata-rata 39 (baik) dan di siklus II menjadi 41 (baik). Untuk aktivitas siswa, skor rata-rata pada siklus I yaitu 37,5 (baik) dan di siklus II menjadi 41 (baik). Siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 77,7 dengan persentase ketuntasan 80,95 % (tuntas) dan siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 79,9 dengan persentase ketuntasan 85,71 % (tuntas). Disimpulkan aktivitas guru dan siswa berlangsung dengan baik serta hasil belajar biologi yang diperoleh telah mencapai ketuntasan belajar klasikal melalui penerapan model kooperatif tipe TSTS di kelas VIII B SMP Negeri 22 Kota Bengkulu.
id IOS6175.1021
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:02:56Z
last_indexed 2018-09-17T09:02:56Z
recordtype dc
_version_ 1674557869538672640
score 17.538404