PENINGKATAN KELANCARAN BERBICARA (SPEAKING FLUENCY) MAHASISWA PRODI S. 1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS BENGKULU MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING BERBASIS SCHEMA MAHASISWA
Main Authors: | Sofyan, Dedi , Rosnasari , Pulungan |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/10043/1/lporan%20ok.pdf http://repository.unib.ac.id/10043/ |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerapan metode Cooperative Learning Berbasis Schema Mahasiswa dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi Bahasa Inggris Semester 3 angkatan 2008/2009 pada mata kuliah Speaking III. Data dikumpulkan melalui test dan observasi kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari nilai 3 hingga 7 pada siklus I menjadi 4 hingga 7 pada siklus II. Dampak lain dari penerapan metode ini adalah mampu memacu siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan meningkatkan motivasi belajar siswa.